PENGIKUT ABU PEULEUKUNG NAGAN RAYA LEBIH AWAL DALAM MENGAWALI DAN MENGAKHIRI PUASA 1437 H

Dalam pemberitaan harian serambi indonesia hari ini menyebutkan, Ribuan pengikut thariqad syattariah Abu Habib Muda Seunagan atau biasa disebut Abu Peuleukung di Kabupaten Nagan Raya, hari ini (Senin 4 Juli 2016) melakukan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah. Hal ini wajar-wajar saja karena jumlah puasa yang mereka tempuh sudah mencapai 30 hari, terhitung semenjak tanggal 4 Juni 2016. Penetapan awal puasa Ramadhan 1437 Hijriyah mereka lebih awal dua hari dari penetapan resmi Pemerintah Republik Indonesia melalui sidang Itsbat. Sidang itsbat menetapkan 1 Ramadhan 1437 Hijriyah jatuh pada hari Senin 6 Juni 2016, sedangkan pengikut Abu Peuleukung menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu 4 Juni 2016.
Ismail Alfalaky

Dalam setiap pemberitaan selalu menyebutkan, bahwa penetapan awal dan akhir Ramadhan berdasarkan Hisab yang dilakukan oleh sejumlah ulama dayah di Nagan Raya. Namun, dalam setiap pemberitaan tidak disebutkan secara rinci metode hisab apa yang digunakan. Banyak diantara kita yang bertanya-tanya terhadap persoalan ini. Metode hisab apa yang mereka gunakan? Kenapa bisa berbeda dengan penetapan pemerintah?

Dalam ilmu falak, secara garis besar, metode hisab dalam konteks penentuan awal bulan Hijriyah terbagi dua macam, yaitu hisab ‘Urfi dan hisab Hakiki. Hisab ‘urfi adalah sistem perhitungan awal bulan Hijriyah yang mengacu kepada gerak rata-rata bulan dalam setahun mengintari bumi dengan mendistribusikan jumlah hari kedalam bulan secara berselang seling antara bulan yang bernomor urut ganjil (30 hari) dengan yang bernomor urut genap (29 hari) dengan kaidah-kaidah tertentu. Dalam kaidah hisab ‘urfi jumlah bulan Ramadhan selalu 30 hari karena jatuh pada bilangan bulan ganjil yaitu bulan ke-9 dan tidak terfokus samasekali pada keterlihatan hilal.
Sedangkan hisab hakiki adalah metode penentuan awal bulan Hijriyah yang dilakukan dengan menghitung gerak bulan di langit yang sesungguhnya, sehingga awal dan akhir bulan Hijriyah mengacu pada kedudukan atau perjalanan bulan di langit. Hanya saja untuk menentukan pada saat mana dari perjalanan bulan itu dapat dinyatakan sebagai awal bulan baru terdapat berbagai kriteria dalam hisab hakiki untuk menentukannya. Jumlah hari bulan Ramadhan tidak pasti 30 hari dalam setiap tahun, tetapi tergantung terpenuhi atau tidak kriteri dalam hisab hakiki.

Bila kita menganalisa terhadap praktik hisab yang diamalkan oleh pengikut Abu Peuleukung dari beberapa tahun terakhir dalam menentukan awal dan akhir Ramadhan, bisa dipastikah bahwa hisab yang dimaksud dalam setiap pemberitaan adalah metode Hisab ‘Urfi Khumasi. Sistem hisab ‘urfi khumasi adalah sebuah sistem penentuan awal dan akhir bulan baru dengan menghitung maju lima hari dari hari awal bulan tahun sebelumnya. Sebagai contah, kalau tahun ini 1 Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada hari Sabtu, tahun depan dipastikan 1 Ramadhan 1438 Hijriah jatuh pada hari Rabu dengan cara menambah lima hari semenjak hari Sabtu.

Pengikut Abu Peuleukung terlihat sangat konsisten dalam mengamalkan metode hisab ‘urfi khumasi ini, hal ini bisa di lihat dari pemberitaan semenjak tahun 2012 dalam mengawali dan mengkhiri puasa Ramadhan.  
Tahun 2012, 1 Ramadhan hari Kamis 19 Juli 2012. 1 Syawal hari Sabtu 18 Agustus 2012.
Tahun 2013, 1 Ramdhan hari Senin 8 Juli 2013. 1 Syawal hari Rabu 7 Agustus 2013.
Tahun 2014, 1 Ramadhan hari Juma’at 27 Juni 2014. 1 Syawal hari Minggu 27 Juli 2014.
Tahun 2015, 1 Ramadhan hari Selasa 16 Juni 2015. 1 Syawal hari Kamis 16 Juli 2015.
Tahun 2016, 1 Ramadhan hari Sabtu 4 Juni 2016. 1 Syawal hari senin 4 Juli 2016.

Dari data ini bisa dilanjutkan untuk menentukan awal bulan Ramadhan 2017 jatuh hari Rabu dan 1 Syawal jatuh pada hari Jum’at. Secara rinci, metode hisab ‘urfi khumasi ini  sebenarnya punya kaidah khusus yang hampir sama dengan kaidah hisab ‘urfi lainnya, seperti hisab ‘urfi Umar, hisab ‘urfi Aboge dan hasab ‘urfi Asapon. Metode hisab ‘urfi khumasi, memang berbeda dengan metode penentuan awal dan akhir bulan Ramadhan yang dipedomani oleh pemerintah, pemerintah menggunakan metode Rukyah hilal, yaitu awal bulan baru terhitung bila terlihat hilal dan ditetapkan melalui sidang Itsbat. Persoalan bisa atau tidak bisa mempedomani pada hisab ‘urfi dalam penentuan awal dan akhir Ramadhan secara syariat Islam, kita serahkan saja kepada pihak yang berwewenang, yaitu Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.

Sumber: http://ismail-alfalaky.blogspot co id/2016/07/kenapa-pengikut-abu-peuleukung-nagan.html
Senin, 04 Juli 2016

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PENGIKUT ABU PEULEUKUNG NAGAN RAYA LEBIH AWAL DALAM MENGAWALI DAN MENGAKHIRI PUASA 1437 H"

Post a Comment